KOMITMEN PEMERINTAH KABUPATEN LOMBOK TIMUR TERHADAP KEBIJAKAN PELAYANAN RAWAT INAP GRATIS DI PUSKESMAS

ABSTRAK: Jaminan sosial sebagai salah satu bentukperlindungan sosial untuk menjamin agar setiap rakyat dapat memenuhi kebutuhan dasar hidup yang minimal layak. Peran pemerintah yang positif sangat diharapkan dalam menjalankanfungsi pelayanannya. Pemerintah Kabupaten Lombok Timurmengeluarkan kebijakan pembangunan kesehatan melalui pelayanan rawat inap gratis untuk semua masyarakat,diharapkan ultilisasi layanan program tambahan yang dibuatpemerintah dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakatLombok Timur menjadi lebih baik.
Tujuan: Untuk mengetahui komitmen Pemerintah Kabupaten Lombok Timur terhadap pelayanan rawat inap gratis di puskesmas dan pemanfaatan layanan oleh masyarakat.
Metode: Penelitian studi kasus eksploratif, melalui wawacara mendalam pada 9 orang.
Hasil: Kebijakan pelayanan gratis di puskesmas pada umumnyasudah menerapkan konsep equity egaliterian akan tetapi belum sepenuhnya mampu mencukupi kebutuhan secara optimaldiakibatkan karena sistem logistik yang masih kurang terutaman dalam hal penyediaan obat-obatan yang dibutuhkan oleh pasien,adanya ketersedian sarana dan prasarana pendukung sepertialat-alat pemeriksaan yang masih kurang dan pemberian pelayanan gratis memberikan dampak terhadap peningkatanutilisasi oleh masyarakat. Peningkatan utilisasi tersebut jugadipengaruhi oleh adanya tekanan dari masyarakat yangberpendapat bahwa semua jenis penyakit harus dirawat inap berpengaruh terhadap ketidak mampuan petugas untuk melakukan kriteria pasien yang seharusnya dirawat inap di puskesmas.
Kesimpulan: Sistem pelayanan gratis dipuskesmas belum didukung dengan ketersediaan obat-obatan emergensi, masihrendahnya dukungan sarana dan prasarana pemeriksaan penunjang serta adanya kemampuan petugas dalam melakukanpemilihan pasien yang harus dirawat inap secara selektif sesuai dengan kriteria pasien yang dirawat inap akibat tekanan masyarakat.
Kata kunci: Komitmen Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, rawat inap gratis, utilisasi layanan, Equity Egaliterian, studi kasus eksploratif
Penulis: Kamarul Huda, Lutfan Lazuardi, Tjahjono Kuntjoro
Kode Jurnal: jpkedokterandd120265

Artikel Terkait :