KARAKTERISTIK SIFAT KUALITATIF DOMBA DI EX UPT PIR NAK BARUMUN KECAMATAN AEK NABARA BARUMUN KABUPATEN PADANGLAWAS

Abstrak: Peningkatan produktivitas ternak domba dapat dilakukan melalui penelitian mengenai Identifikasi Sifat-sifat Kualitatif Domba.Penelitian ini dilaksanakan di Unit Pemukiman Transmigrasi Perusahaan Inti Rakyat Pola Ternak (UPT PIR Nak) Barumun Kecamatan Aek Nabara Barumun Kabupaten Padang Lawas, berlangsung selama dua bulan  mulai  bulan Juni hingga  Juli 2015.
Tujuan penelitian adalah untuk memperoleh deskripsi sifat-sifat kualitatif Domba yang meliputi bentuk telinga, warna bulu, bentuk ekor dan bentuk tanduk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif-analitik, data yang telah terkumpul selanjutnya diolah dengan bantuan komputer menggunakan Program Microsoft Excell.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa sifat-sifat kualitatif Domba lokal  di UPT Pir Nak Barumun  adalah sebagai berikut : bentuk telinga dominan berdaun hiris, dengan ekor berbentuk DEG, bentuk tanduk leang-leang dengan pola warna bulu dominan adalah putih tunggal,warna putih 21%, hitam 18.5% dan coklat 16.5% dan abu abu 2.75%. Kombinasi dua warna (warna hitam-coklat) yaitu; 15,25%, (coklta-putih) yaitu 13% diikuti kombinasi tiga warna (putih-hitam-coklat) 13%. memiliki pandangan mata yang tajam, cerah dengan bentuk, ukuran yang simetris dan normal; dan geraham atas dan geraham bawah sama rata serta normal bentuknya.
Kata Kunci: Domba Warna Bulu, Motif Bulu, dan Bentuk Tanduk
Penulis: Aisyah Nurmi
Kode Jurnal: jppeternakandd170249

Artikel Terkait :