Hubungan Karakteristik Ibu terhadap Status Gizi Balita di Kabupaten Kendal

ABSTRAK: Gangguan gizi pada balita dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, baik langsung maupun tidak langsung. Beberapa factor merupakan karakteristik ibu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara karakteristik ibu dengan status gizi pada anak balita di Kabupaten Kendal.
Metode Penelitian : Penelitian menggunakan metode analitik deskriptif dengan pendekatan cross sectional, populasi sebanyak 952 orang. Pengambilan sampel menggunakan Proportional Stratified Random Sampling. Metode pengumpulan data dengan menggunakan pengukuran fisik dan kuesioner. Analisis data dengan menggunakan korelasi spearman rank.
Hasil Penelitian : Sampel adalah 43 orang. Ada hubungan antara pendidikan ibu dengan status gizi balita (p=0,000). Ada hubungan antara paritas ibu dengan status gizi balita (p=0,000). Ada hubungan antara tingkat pengetahuan ibu tentang gizi dengan status gizi balita (p=0,000).
Kesimpulan : Ada hubungan antara pendidikan, paritas, dan tingkat pengetahuan ibu tentang gizi dengan status gizi balita.
Kata Kunci: pendidikan, paritas, pengetahuan, status gizi
Penulis: Andra Novitasari, Hestu Waluyo, Aditya Yodha Anfasa
Kode Jurnal: jpkedokterandd140683

Artikel Terkait :