EVALUASI PENERAPAN KEBIJAKAN BADAN LAYANAN UMUM DAERAH DI RSUD UNDATA PROPINSI SULAWESI TENGAH

ABSTRAK: Salah satu hal yang penting dalam perubahan adalah ciri sekuensial atau pentahapan waktu dalam perubahan. Seperti perubahan RSUD menjadi BLUD.Pelaksanaan Penerapan BLUD RSUD Undata secara umum sesuai dengan acuan Permendagri No 61 tahun 2007. Paradigma baru sebagai sebuah BLUD juga harus seimbang antara “Enterprising the government” dengan “Public Service Oriented” yaitu tetap berorientasi pada peningkatan pelayanan kepada masyarakat. Latar belakang RSUD Undata sebelum menjadi BLUD tak sedikit keluhan selama ini diarahkan pada kualitas pelayanan rumah sakit yang dinilai masih rendah, masalah biaya pelayanan kesehatan yang semakin tinggi, sedangkan tarif yang diberlakukan harus kompetitif, dan tuntutan mutu pelayanan yang baik dalam rangka penyelamatan jiwa. Hal ini dapat dicapai apabila RSUDUndata menerapkan Pola Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah (PPK-BLUD).
Metode penelitian: Jenis penelitian yang dilakukan metode analisis deskriptif secara kualitatif dengan rancangan studi kasus. Pengambilan sampel pada penelitian ini dilakukan secara purposive sampling.
Hasil Penelitian: Pelaksanaan Penerapan BLUD berdasarkan hasil kajian evaluasi di RSUD Undata dan Dinas Kesehatan Propinsi Sulawesi Tengah menunjukkan bahwa: penerapan yang sesuai dengan standar yaitu Pola Tata Kelola, RencanaStrategis Bisnis dan Laporan Pengelolaan Keuangan dengan analisis sudah dijalankan dengan baik. Sedangkan penerapan yang belum sesuai dengan kriteria adalah Standar Pelayanan Minimal belum bisa dilaksanakan secara optimal sesuai indicator dan kriteria SPM serta Peran Dinas Kesehatan sebagai Dewan Pengawas belum dilaksanakan oleh karena, belum ada pembentukan Dewan Pengawas, hasil analisis kedua kategori tersebut masih kurang.
Kesimpulan: Pola Tata Kelola, Rencana Strategi Bisnis dan Laporan Keuangan telah sesuai dengan standar, sedangkan SPM, Dewan Pengawas belum dijalankan secara optimal sesuai standar dan kriteria yang ditetapkan.
Kata kunci: PPK-BLUD, Penerapan BLUD, Rumah Sakit, Stakeholders
Penulis: Surianto, Laksono Trisnantoro
Kode Jurnal: jpkedokterandd130495

Artikel Terkait :