EFEKTIVITAS PROGRAM JAMKESMAS DI PUSKESMAS KECAMATAN TELUK PUCUNG KOTABEKASI TAHUN 2015

ABSTRAK: Pemegang kartu Jaminan kesehatan masyarakat secara otomatis menjadi Peserta BPJS Kesehatan. Namun kenyataannya, Jamkesmas tidak mampu menjangkau semua warga miskin. Masalah yang dihadapi adalah kurangnyasosialisasi, tidak tepatnya sasaran Jamkesmas, pelayananyang diberikan institusi pelayanan kesehatan kurang memuaskan.
Tujuannya adalah: mengetahui gambaran efektivitas program jamkesmas dan faktor-faktor yang berhubungan dengan efektivitas program jamkesmas di Kecamatan Teluk Pucung Kota Bekasi tahun 2015.
Metode: penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan rancangan cross sectional di Puskesmas Kecamatan Teluk Pucung Kota Bekasi. Jumlah sampel yang dibutuhkan sebanyak 104 orang.
Hasil: analisis univariat menunjukkan bahwa 99% responden ikut serta dalam program Jamkesmas, 19,2% merupakan warga tidak mampu, artinya memenuhi kriteria miskin, 74% responden menyatakan pelayanan kesehatan yang didapatkan adalah baik, 37,5% responden menyatakan tidak puas dengan pelayanan Jamkesmas, 34,9% responden menyatakan bahwa program Jamkesmas tidak efektif. Analisis bivariat antara variable independen dengan variabel dependen menunjukkan bahwa ada hubungan antara layanan kesehatan (p=0,001) dan kepuasan peserta (p= 0,000) dengan efektivitas program Jamkesmas, dan tidak ada hubungan antara kepesertaan (p=0,132) dan status ekonomi (p=0,132) dengan efektivitas program Jamkesmas.
Kesimpulan: hampir seluruh responden mengikuti program Jamkesmas, namun sebagian besarnya tidak tepat sasaran, responden peserta Jamkesmas lebih banyak dari keluarga mampu, ada hubungan antara layanan kesehatan dan kepuasan peserta dengan efektivitas program Jamkesmas.
Saran: Anggaran Dinas Kesehatan sebaiknya dianggarkan ke warga yang belum memegang kartu Jamkesmas/BPJS. Penting untuk meningkatkan sosialisasi program Jamkesmas/BPJS keseluruh lapisan masyarakat.
Kata kunci: masyarakat miskin, tepat sasaran, jamkesmas,layanan kesehatan, efektif
Penulis: Siti Masyitah
Kode Jurnal: jpkedokterandd150552

Artikel Terkait :