ANALISIS BIAYA DENGAN METODE ACTIVITY BASED COSTIN (ABC) PADA PEMERIKSAAN RADIODIAGNOSTIK DI INSTALASI RADIOGNOSTIK RSUD LINGGAJATI KUNINGAN JAWA BARAT

ABSTRAK: Pemberlakuan tarif pelayanan pemeriksaan radiodiagnostik di instalasi radiologi RSUD Linggajati Kuningan berdasarkan PERDA Kabupaten Kuningan nomor 9 tahun 2012 tentang Retribusi Pelayanan Kesehatan yang masih menggunakan sistem akuntansi tradisional, sehingga hasil perhitungannya masih kurang memberikan gambaran yang tepat dalam pembebanan tarifnya. Penetapan biaya ini kadang kala menimbulkan masalah. Untuk itu perlu dilakukan analisis biaya pelayanan pemeriksaan radiognostik. Permasalahan yang ada adalah berapa unit cost dan berapa biaya yang tepat berdasarkan unit cost serta pertimbangan-pertimbangan lain yang diberlakukan dalam penetapan tariff pelayanan pemeriksaan radiognostik di RS Linggajati. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui besarnya biaya satuan (unit cost) dan menetapkanbesarnya biaya pelayanan instalasi radiognostik di RSUD Linggajati Kuningan.
Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional diskriptif dengan melakukan studi kasus di RSUD Linggajati. Perhitungan unit cost dilakukan dengan metode Activity Based Costing (ABC), penetapan biaya lebih lanjut dilakukan content analysis setelah dilakukan Focus Group Discussion, serta pertimbangan-pertimbangan lainnya.
Hasil: Aktivitas pelayanan administrasi pendaftaran Rp. 11.478.545, Aktivitas pemeriksaan radiodiagnostik Rp. 29.999.900, Aktivitas pengolahan film Rp. 24.677.100, Aktivitas pembacaan hasil Rp. 2.400.000, Pemeliharaan Alat RadiologiRp. 3.500.000, Total biaya aktivitas dibebankan di instalasi radiologi 72.055.545 dibagi jumlah hari 365 hari maka tarifpemeriksaan Rp. 197.412.
Kesimpulan: Perhitungan tarif pemeriksaan radiodiagnostik dengan menggunakan activity based costing, dilakukan melalui dua tahap. Dari perhitungan tarif pemeriksaan radiodiagnostik dengan menggunakan metode activity based costing. Penggunaan activity based costing apabila dibandingkan dengan tarif pemeriksaan radiodiagnostik yang digunakan olehrumah sakit saat ini memberikan hasil yang lebih besar dengan selisih Rp. 150.412. Saran agar RSUD Linggajati Kuningan sebaiknya mengetahui dan memahami metode activity based costing ini agar bisa membuat perhitungan tarif yang akurat.
Kata kunci: Biaya Pemeriksaan Radiognostik, Activity Based Costing
Penulis: Cecep Heriana, Afif Kosasih, Doni Kusuma Anjasmara
Kode Jurnal: jpkedokterandd150537

Artikel Terkait :