IDENTIFIKASI JENIS TANAMAN HUTAN RAKYAT DAN PEMELIHARAANNYA DI HUTAN RAKYAT DESA KELUNGU KECAMATAN KOTAAGUNG KABUPATEN TANGGAMUS

ABSTRAK: Alih-guna lahan hutan rakyat menjadi lahan pertanian menjadi sumber dari masalah penurunan kesuburan tanah, erosi, banjir, kekeringan bahkan menimbulkan perubahanlingkungan global. Agroforestri merupakan salah satu sistem pengelolaan lahan yang dapatdijadikan alternatif untuk mengatasi masalah yang timbul akibat adanya alih-guna lahan hutan dan sekaligus untuk mengatasi masalah pangan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis tanaman pada hutan rakyat di Desa Kelungu Kecamatan Kotaagung Kabupaten Tanggamus Mengetahui kegiatan pemeliharaan tanaman pada agroforestri hutan rakyat di Desa Kelungu Kecamatan Kotaagung KabupatenTanggamus. Penelitian ini dilakukan selama Bulan September sampai dengan Oktober 2015 bertempat di lahan Hutan Rakyat Desa Kelungu, Kecamatan Kotaagung, Kabupaten Tanggamus. Analisis yang digunakan berupa kerapatan setiap populasi tanaman.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ditemukan 22 spesies, dengan kerapatan tertinggi yaitu Kakao (Theobrema cacao) sebesar 529,17 individu/ha. Untuk fase pohon, kerapatan tertinggi ditempati oleh Durian (Durio zibethinus) yaitu sebesar 73,61 individu/ha.
Kegiatan pemeliharaan yang dilakukan oleh petani Di Desa Kelungu meliputi pemupukan, penyulaman, pendangiran, penyiangan gulma, pemangkasan cabang, pewiwilan, penjarangan, pengendalian hama penyakit. Dari 36 petani 60% diantaranya melakukan pemupukan. 77% melakukan penyulaman, 77% melakukan pendangiran, 100% melakukan penyiangan gulma, 93% melakukan pemangkasan cabang, 83% melakukan pewiwilan, 7% melakukan penjarangan, dan 57% melakukan pengendalian hama penyakit tanaman
Penulis: Endang S. Oktaviyani, Indriyanto, Surnayanti
Kode Jurnal: jpkehutanandd170228

Artikel Terkait :