WATER LEVEL CONTROL SMS GATEWAY DENGAN BANTUAN MICRO CONTROLLER UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA JURUSAN ELEKTRONIKA INDUSTRI PADA MATA PELAJARAN REKAYASA SISTEM KONTROL DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan produk Water Level Control Sms Gateway dengan menggunakan Mikrokontroler yang dibuat peneliti dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran yang layak dan efisien. (2)Mengetahui respon siswa terhadap produk Water Level Control Sms Gateway dengan menggunakan mikrokontroler yang dibuat peneliti di SMK Negeri 2 Bojonegoro. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian Pengembangan. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode R & D ( Research and Development). Analisis data menggunakan validasi dan angket untuk mengetahui pengaruh water level control sms gateway terhadap hasil belajar siswa.
Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: (1) Berdasarkan hasil dari validasi yang diuji oleh validator didapatkan nilai sebesar 88,5 %, yaitu dihitung dari 2 aspek yang dinilai validator. Aspek yang dinilai yaitu penyampaian materi dengan hasil 88%, dan media trainer dengan hasil 89%. Sehingga keseluruhan validasi dihitung dan mendapatkan hasil 88,5%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwaproduk Water Level Control Sms Gateway ini dikategorikan baik serta valid digunakan dan diterapkan pada mata pelajaran teknik pada mata pelajaran rekayasa sistem kontrol. (2) berdasarkan hasil dari respon siswa terhadap media pembelajaran menggunakan Produk Water Level Control Sms Gateway dengan bantuan micro controller pada mata pelajaran rekayasa sistem kontrol mendapat respon positif dari seluruh siswa. Dengan rata-rata hasil rating respon siswa sebesar 92.14% yang dikategorikan sangat baik.
Kata kunci: Water Level Control, SMS GateWay, meningkatkan psikomotorik, R&D
Penulis: HERMAWAN BAYU ADJI, I Gusti Putu Asto Buditjahjanto
Kode Jurnal: jptlisetrodd170067

Artikel Terkait :