STUDI KOMPARASI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY DAN DIRECT INSTRUCTION TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SENSOR DAN AKTUATOR KELAS XI DI SMK NEGERI 2 BOJONEGORO

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa  dengan model pembelajaran two stay two stray dibandingkan dengan model pembelajaran langsung pada mata pelajaran sensor dan aktuator di kelas XI TEI SMKN 2 Bojonegoro. Dalam penelitian ini hasil belajar yang akan dicari adalah hasil belajar kognitif.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan Jenis Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dari kelas eksperimen dan kontrol dalam penelitian ini tidak dipilih secara acak. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran two stay two stray sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan model pembelajaran langsung. Data penelitian ini berupa hasil belajar siswa yang diambil dengan teknik tes yang berupa pilihan ganda.
Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa model pembelajaran two stray two stray lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung. Hal ini dibuktikan dari hasil uji-t dimana thitung > ttabel dengan taraf signifikansi (α) = 0,05 didapatkan thitung(3,300) > ttabel(1,67) dan rerata nilai kelas eksperimen  (83,06) > rerata nilai kelas kontrol (78,89). Sehingga hipotesis  nol (H0) ditolak dan (H1) diterima, maka dapat disimpulkan Hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran sensor dan aktuator yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray  lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar yang menggunakan model pembelajaran langsung (Direct Instruction).
Kata Kunci: Two stay Two stray, model pembelajaran langsung, hasil belajar siswa
Penulis: KANZUL KHOLILI, Tri Rijanto
Kode Jurnal: jptlisetrodd170081

Artikel Terkait :