Robot Ekspresi Ucapan dan Mimik Wajah Manusia

Abstract: Robot ekspresi ucapan dan mimik wajah manusia ini adalah robot yang dapat menghasilkan ekspresi dan mimik wajah manusia seperti manusia pada umumnya. Eskpresi dan mimik wajah robot akan difokuskan pada gerakan alis, mata, dan juga mulut. Pergerakan alis, mata dan mulut robot akan disesuaikan dengan database yang dimiliki oleh sistem. Alis robot akan membentuk ekspresi wajah manusia ketika mengalami kondisi tertentu. Mata robot akan dapat bergerak sesuai gerakan mata pada umumnya. Mulut robot akan dapat bergerak sesuai gerakan manusia ketika berbicara suku kata sebanyak 2 huruf.
Sistem ini menggunakan text file sebagai input dari sistem. Text file akan kemudian dibaca oleh platform Processing. Selagi platform Processing membaca data, ia juga akan membagi data tersebut menjadi array dan akan mengirimkan data berurutan sesuai urutan array. Processing akan mengirimkan data ke platform Arduino. Data akan dikirimkan melalui kabel serial Arduino. Setelah menerima data, Arduino akan membandingkan data dengan database yang dimiliki lalu menggerakkan bagian yang dimaksud.
Robot ini diuji dengan membandingkan ukuran gerakan robot dengan ukuran gerakan referensi yang dimiliki. Saat pengujian, diperoleh tingkat keberhasilan robot untuk menghasilkan gerakan alis yang sesuai adalah 60%, dan tingkat keberhasilan robot untuk menghasilkan gerakan mata yang sesuai adalah 100%. Sedangkan mayoritas gerakan mulut robot memiliki error rate tidak lebih dari ± 10%.
Keywords: Kepala Robot, Arduino, Processing, Motor Servo
Penulis: Steven Kimsha
Kode Jurnal: jptlisetrodd160320

Artikel Terkait :