PERBEDAAN HASIL BELAJAR MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG DAN KOOPERTIF STAD PADA MATA PELAJARAN DASAR PENGUKURAN LISTRIK

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah setelah menempuh proses belajar dikelas dengan metode pembelajaran langsung. Hal ini dikarenakan dalam metode pembelajaran tersebut siswa memiliki peran yang cenderung pasif. Sehingga tidak sedikit dari siswa tersebut yang berbincang dengan teman kelas, bahkan tidur saat pelajaran berlangsung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung berbantu software multisim dengan model pembelajaran kooperatif Students Teams Achievement Divisions (STAD) berbantu software multisim pada mata pelajaran Dasar Pengukuran Listrik Kelas X Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU) SMKN 3 Buduran Sidoarjo.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Sedangkan desain penelitian ini menggunakan desain eksperimen semu/quasi experimental design, dengan sub desain nonequivalent control group design. Subyek penelitian ini adalah kelas X1 TPTU sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD berbantu software multisim. Kelas X2 TPTU dengan model pembelajaran langsung berbantu software multisim sebagai kelas kontrol. Sumber data yang digunakan adalah soal pretest-postest yang merupakan hasil belajar ranah kognitif dan dianalisis menggunakan statistik parametrik berdasarkan uji t pada software SPSS.
Hasil analisis statistik menggunakan independent sample t test pada software SPSS diperoleh kriteria -thitung (-2,541) < -ttabel (-1.995), yang berarti bahwa H0 ditolak berdasarkan uji pihak kiri. Sehingga diperoleh kesimpulan terdapat perbedaan yang menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran langsung berbantu software multisim lebih jelek daripada hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD berbantu software multisim.
Kata Kunci: Perbedaan, Model Pembelajaran, Hasil Belajar.
Penulis: GALUH BIMATARA, Subuh Isnur Haryudo
Kode Jurnal: jptlisetrodd170062

Artikel Terkait :