PENINGKATAN KOMPETENSI DASAR PERANCANGAN DESAIN PCB BERBANTUAN SOFTWARE EAGLE DENGAN METODE PROJECT BASED LEARNING

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak nya peningkatan kompetensi ranah kognitif dan psikomotorik pada siswa yang diberikan perlakuan menggunakan metode Project Based Learning. Jumlah sample yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 64 orang. Penelitian dilakukan di SMK N 3 Yogyakarta dengan subyek penelitian, kelas X TAV 1 dan X TAV 2. Kelas X TAV 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TAV 2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen menggunakan Non randomized control group pretest and posttest desain. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Uji hipotesis yang digunakan adalah independent sample t test dan Mann Whitney. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Tidak terdapat peningkatan kognitif yang signifikan pada kelompok eksperimen. Hal tersebut sesuai dengan hasil uji t pada ranah kognitif menggunakan skor gain yang menunjukkan bahwa 1,045 <  1,6706 dan signifikansi hitung (P) 0,300 > 0,05.(2) Terdapat peningkatan psikomotorik yang signifikanpada kelas eksperimen. Hal tersebut dibuktikan dengan uji Mann Whitney yang menghasilkan 301.500 >  139 dan nilai signifikansi hitung (P) 0,003< 0,0
Kata kunci: Kompetensi, Project Based Learning, PCB, EAGLE
Penulis: Cristy DewiAry Puspitasary
Kode Jurnal: jptlisetrodd170339

Artikel Terkait :