Pengendalian Stewart Platform untuk Flight Simulator Berbasis Arduino

Abstract: Permainan merupakan salah satu bentuk hiburan yang dapat memenuhi kebutuhan manusia saat mengalami kejenuhan. Teknologi yang berkembang menyebabkan semakin banyak console permainan yang memungkinkan pengguna untuk merasakan suasana yang ada di dalam permainan dengan menggunakan motion simulator, salah satunya adalah arcade game yang menggunakan aktuator mekanik yang bernama Stewart Platform.
Desain dari Stewart Platform ini dikhususkan untuk flight simulator dengan menggunakan Arduino sebagai otak dari sistem, remote control sebagai input dan pneumatik digunakan sebagai aktuator pada platform ini. Pemrograman pada Arduino dibuat dengan menggunakan training data dengan metode neural network sebagai acuan.
Hasil dari pengujian menunjukkan bahwa aktuator akan bergerak mirip secara visual dengan gerakan pesawat pada permainan apabila hanya menggunakan throttle sebesar 70- 80% dengan range dari aileron dan elevation pada kisaran 40-60. Aktuator hanya dapat bergerak hingga mencapai kemiringan 40°, namun pada sistem ini kemiringan dibatasi mulai dari -30° hingga 30°, dengan nilai error mekanis sebesar 7,85%.
Keywords:Arduino, Flight Simulator, Pneumatik, Stewart Platform
Penulis: Eduardus Benyamin, Handry Khoswanto, Felix Pasila
Kode Jurnal: jptlisetrodd160314

Artikel Terkait :