PENGEMBANGAN TRAINER TRANSISTOR PADA KOMPETENSI DASAR MEMAHAMI KONSEP DASAR BIPOLAR JUNCTION TRANISTOR (BJT) SEBAGAI PENGUAT DAN PIRANTI SAKLAR DI KELAS X TITL SMK RADEN PATAH KOTA MOJOKERTO

Abstrak: Media merupakan sebuah penghantar pesan yang dikirim dengan adanya maksud yang nantinya mampu di terima oleh penerima pesan. Media dikatakan layak sebagai perantara ilmu harus memenuhi 3 aspek. Aspek tersebut adalah validitas, efektivitas dan kepraktisan media. Tujuan dari penelitian pengembangan trainer transistor ini adalah (1) untuk mengetahui hasil pengembangan trainer transistor yang valid, (2) untuk mengetahui respon peserta didik, dan disamping itu (3) untuk mengetahui kemajuan hasil belajar peserta didik.
Model penelitiaan Research and development (R&D) merupakan acuan dalam proses penelitian ini.Proses pengembangan trainer transistor yang layak dalam model penelitian R&D melalui uji validasi,efektivitas, serta kepraktisan media. Kevalidan media diperoleh dari hasil validasi yang dilakukan oleh 2 dosen Teknik Elektronika Universitas Negeri Surabaya dan 2 guru SMK Raden Patah Kota Mojokerto. Uji coba terbatas yang dilakukan di kelas X TITL SMK Raden Patah Kota Mojokerto sebanyak 35 peserta didik. Hasil belajar dari 35 peserta didik digunakan sebagai acuan efektivitas trainer transistor. Disamping itu, kepraktisan media dinilai dari respon perserta didik terhadap trainer transistor.
Hasil penelitian pengembangan trainer transistor menunjukkan bahwa: (1) hasil validitas oleh para ahli terhadap trainer transistor dinyatakan sangat valid dengan hasil perolehan nilai validasi sebesar 87,28%. (2) hasil belajar dari 35 peserta didik dengan memakai trainer transistor sebagai penguat dan piranti saklar, dengan jumlah 97,14% peserta didik memperoleh nilai diatas nilai KKM sebesar 75, sehingga media dinyatakan efektif. Selain itu (3) respon peserta didik kelas X TITL SMK Raden Patah Kota Mojokerto terhadap media trainer diperoleh data respon sebesar 92% (sangat menarik), sehingga media trainer dinyatakan praktis. Akhirnya dapat disimpulkan dari hasil tersebut telah memenuhi aspek-aspek dimana media trainer transistor diyatakan layak sebagai media pembelajaran.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Trainer Transistor, Validitas, Keefektifan, Kepraktisan, (R&D)
Penulis: FRANA HADI SAHBANA, Agus Budi Santosa
Kode Jurnal: jptlisetrodd170075

Artikel Terkait :