PENGEMBANGAN SILABUS BERBASIS KURIKULUM 2013 PADA MATA PELAJARAN DASAR SISTEM KOMPUTER DI SMK NEGERI 1 DRIYOREJO

Abstrak: Penelitian ini bertujuan menghasilkan silabus berbasis kurikulum 2013 pada mata pelajaran dasar sistem komputer di SMK Negeri 1 Driyorejo sebagai perangkat bantu guru untuk menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kevalidan, dan respon guru terhadap silabus yang dikembangkan.
Pengembangan silabus ini dilakukan dengan model penelitian Research and Development (R&D) dengan beberapa tahapan berikut: (1) Analisis Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Produk, (4) Validasi Desain, (5) Revisi Desain, (6) Analisa & Pelaporan. Pengumpulan data diperoleh dari hasil validasi untuk mengetahui kevalidan dan angket respon guru untuk mengetahui kesesuaian serta kebermanfaatan silabus.
Berdasarkan hasil penelitan diperoleh kesimpulan bahwa hasil validasi pada keseluruhan aspek yang terdapat dalam silabus dinyatakan sangat valid dengan rata-rata hasil rating sebesar 87,82%. Sedangkan rata-rata hasil rating respon guru sebesar 91,02% dengan kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa silabus yang dihasilkan layak digunakan untuk menyusun perencanaan pembelajaran.
Kata Kunci: silabus, kurikulum 2013, sistem komputer, validitas
Penulis: KUKUH BAYU PRABOWO
Kode Jurnal: jptlisetrodd160467

Artikel Terkait :