PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PRAKTIK PEKERJAAN DASAR ELEKTROMEKANIK DI SMKN 3 SURABAYA

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi karena pembelajaran praktik dilakukan secara konvensional oleh guru dan kurang adanya inovasi dalam pembelajaran praktik terutama bahan ajar praktik. Guru hanya menggunakan modul yang diakses dari internet. Sehingga kegiatan praktik yang dilakukan berdasarkan instruksi lisan dari guru untuk seluruh siswa. Kondisi ini mengakibatkan siswa tidak bisa mengikuti proses pembelajaran dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengungkap kevalidan perangkat pembelajaran praktik pekerjaan dasar elektromekanik yang dibuat, (2) mengungkap keefektifan perangkat pembelajaran praktik pekerjaan dasar elektromekanik yang dibuat ditinjau dari hasil belajar siswa, dan (3) mengungkap kepraktisan pembelajaran praktik pekerjaan dasar elektromekanik yang dilaksanakan ditinjau dari respon guru dan aktivitas siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Develompment). Tahap penelitian yang digunakan mengacu pada metode R&D oleh Sugiono yang diadaptasi menjadi 7 (tujuh) langkah penelitian dan pengembangan, yaitu: (1) tahap analisis kebutuhan dengan studi pendahuluan, (2) tahap pengumpulan data, (3) tahap desain produk, (4) tahap validasi produk oleh ahli, (5) tahap revisi produk, (6) tahap uji coba produk kepada siswa, dan (7) tahap analisis dan pelaporan. Jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan lembar validasi, lembar pengamatan, lembar respon guru, dan pretest-posttest. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dan inferensial.
Hasil penelitian menunjukkan perangkat pembelajaran praktik pekerjaan dasar elektromekanik di SMKN 3 Surabaya: (1) rerata rating kevalidan perangkat pembelajaran praktik sebesar 95,18% pada kategori sangat valid, (2) rerata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 84,04 pada kategori efektif karena menunjukkan peningkatan, dan (3) perangkat pembelajaran praktik termasuk dalam kategori praktis karena mempermudah guru dan siswa untuk pembelajaran praktik serta meningkatkan aktivitas belajar siswa saat praktik. Dengan demikian jika ditinjau dari hasil validasi, hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, dan respon guru terhadap perangkat pembelajaran maka perangkat pembelajaran praktik pekerjaan dasar elektromekanik yang dikembangkan layak digunakan sebagai perangkat pembelajaran praktik siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar elektromekanik.
Kata Kunci: Perangkat Pembelajaran, Job Sheet Elektromekanik, Respon Guru, dan Hasil Belajar Siswa
Penulis: Ivone Sugiarti, Joko
Kode Jurnal: jptlisetrodd170123

Artikel Terkait :