PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBANTU SIMULASI PHET PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI SMKN 2 SURABAYA

Abstract: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran yang valid dengan berbantu simulasi PhET dan untuk tujuan khusus adalah untuk mengetahui tingkat validitas perangkat pembelajaran yang dikembangkan, mengetahui hasil belajar siswa setelah mendapatkan perangkat pembelajaran dan respon siswa.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Desain penelitian yang digunakan adalah one group pretest-posttest design. Subjek penelitian adalah siswa kelas XAV-3 SMK Negeri 2 Surabaya pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket atau kuesioner dan tes. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perangkat pembelajaran berbantu simulasi PhET yang dikembangkan berada pada kriteria sangat valid dengan hasil validasi  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) 83,85%, hasil validasi Jobsheet 81%, hasil validasi KIT elektromagnetik 85,83%, dan hasil validasi butir soal pretest-posttest sebesar 89,3%, (2) perangkat pembelajaran berbantu simulasi PhET yang dikembangkan telah meningkatkan hasil belajar siswa sebesar 33,33% pada kriteria tinggi dan 66,67% pada kriteria sedang. (3) selanjutnya respon siswa untuk perangkat pembelajaran berada pada kategori sangat baik dengan persentase sebesar 83,3%.
Kata Kunci: perangkat pembelajaran, KIT, induksi elektromagnetik
Penulis: BIMANTARA Dwi DWI J, Nur . Kholis
Kode Jurnal: jptlisetrodd160454

Artikel Terkait :