PENGEMBANGAN MEDIA VIDEOSCRIBE BERBASIS E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN KOMUNIKASI DATA DAN INTERFACE DI SMK SUNAN DRAJAT LAMONGAN

Abstrak: Komunikasi data dan interface merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan pada Sekolah Menengah Kejuruan. Pada kurikulum 2013 Materi yang diajarkan pada pelajaran komunikasi data dan interface adalah materi tentang controller area network dan local area network beserta media transmisi kabel, optic dan frekwensi sinyal.
Media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah videoscribe berbasis e-learning, yang memadukan video bergerak dan learning management system (LMS). Dalam video terdapat materi yang diilustrasikan sebagai whiteboard yang hampir sama dengan papan tulis putih, serta diaplikasikan dalam learning management system (LMS), LMS sendiri merupakan management konten yang mengatur proses tampilan diinternet.
Tujuan pengembangan dikembagkan videoscribe berbasis e-learning adalah agar meningkatkan pemahaman dan minat para siswa terhadap mata pelajaran komunikasi data dan interface di SMK Sunan Drajat Lamongan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian Reaseach and Development. Data yang dikumpulkan adalah data validasi media pembelajaran, dan respon siswa. Validasi media pembelajaran digunakan untuk memperoleh kevalidan dari media pembelajaran tersebut. Respon siswa digunakan untuk mengetahui respon siswa terhadap media pembelajaran. Dari penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut. Hasil validasi yang melibatkan empat Validator memperoleh hasil 87,5%, sehingga kevalidan dari media pembelajaran video tutorial termasukdalam kategori sangat valid. Hasil respon siswa terhadap media pembelajaran video tutorial memperolehhasil 87,22%, sehingga media pembelajaran video tutorial mendapatkan respon yang sangat baik dari para siswa.
Kata Kunci: Komunikasi data dan interface, videoscribe berbasis elearning, R & D
Penulis: TRI SUTRISNO
Kode Jurnal: jptlisetrodd160338

Artikel Terkait :