PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRESENTASI BERBASIS PROGRAM APLIKASI PREZI PADA STANDAR KOMPETENSI DASAR ELEKTRONIKA DI SMK NEGERI 3 SURABAYA

Abstract: Salah satu materi pokok pada standar kompetensi dasar elektronika adalah Bipolar junction transistor (BJT) sebagai penguat dan piranti saklar. Materi tersebut merupakan materi yang cukup rumit dan sulit untuk diajarkan oleh guru tanpa bantuan sebuah media. Salah satu upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan membuat media pembelajaran presentasi berbasis program aplikasi prezi. Dengan adanya media ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman serta motivasi siswa terhadap materi bipolar junction transistor (BJT) sebagai penguat dan piranti saklar.
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran presentasi berbasis program aplikasi prezi materi bipolar junction transistor (BJT) sebagai penguat dan piranti saklar, mendapatkan media yang layak digunakan ditinjau dari aspek validitas media berdasarkan validasi oleh para validator, aspek kepraktisan media berdasarkan respon guru, dan aspek efektivitas media berdasarkan hasil belajar siswa.
Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development) terdiri dari tujuh tahap yaitu tahap potensi dan masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi produk, tahap uji coba produk, tahap revisi produk dan tahap analisa dan laporan. Instrument penelitian terdiri dari lembar validasi media pembelajaran presentasi berbasis program aplikasi prezi, lembar angket respon guru, lembar soal posttest dan kunci jawaban. Uji coba dilakukan terhadap 37 siswa kelas X TAV 3 SMK Negeri 3 Surabaya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas media dinyatakan sangat valid dengan presentase sebesar 96,77 %, kepraktisan media dinyatakan sangat baik dengan presentase sebesar 95 %, dan efektivitas media berdasarkan hasil belajar dinyatakan tuntas dengan presentase 91,89 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran presentasi berbasis program aplikasi prezi materi bipolar junction transistor (BJT) sebagai penguat dan piranti saklar layak digunakan sebagai pendamping guru dalam mengajar.
Kata Kunci: media pembelajaran, prezi, BJT sebagai penguat dan piranti saklar
Penulis: AMALIA Nurul NURUL HIDAYATI, Agus Budi Santosa
Kode Jurnal: jptlisetrodd160488

Artikel Terkait :