PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN SOFTWARE AUTOPLAY MEDIA STUDIO 8 PADA MATA PELAJARAN PEREKAYASAAN SISTEM RADIO DAN TELEVISI KELAS XI AV DI SMK NEGERI 1 SIDOARJO

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi permasalahan kurang maksimalnya pemanfaatan media pembelajaran yang mampu menunjang proses pembelajaran siswa secara mandiri. Siswa hanya menggunakan sumber belajar berupa buku. Oleh karena itu, solusi yang mampu mengatasi hambatan tersebut dengan penggunaan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan media yang layak ditinujau dari validitas, kepraktisan, dan efektifitas media pembelajaran yang dikembangkan pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Radio dan Televisi di SMK Negeri 1 Sidoarjo.
Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan R&D dengan menggunakan 7 tahap, yaitu potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validitas produk, revisi produk, ijucoba produk, analisis dan pelaporan. Desain penelitian yang digunakan yaitu One-Shot Case Study. Uji coba produk dilakukan pada siswa kelas XI TAV 1 SMK Negeri 1 Sidoarjo sebanyak 36 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan lembar validasi media, instrumen respon guru dan tes hasil belajar.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa validitas media pembelajaran dinyatakan sangat valid dengan presentase sebesar 91,83%, untuk kepraktisan dinyatakan menggunakan respon guru terhadap media pembelajaran sangat baik dengan presentase sebesar 93,12%, dan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran berbasis AutoPlay Media Studio 8 dinyatakan baik dengan presentase ketuntasan hasil belajar sebesar 84%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran dapat digunakan sebagai penunjang guru dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Perekayasaan Sistem Radio dan Televisi Kelas XI AV di SMK Negeri 1 Sidoarjo.             
Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, AutoPlay Media Studio
Penulis: wahyu agus setiawan
Kode Jurnal: jptlisetrodd170194

Artikel Terkait :