PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK KOMPETENSI DASAR GERBANG LOGIKA DASAR DAN SEKUENSIAL PADA MATA PELAJARAN ELEKTRONIKA DIGITAL BERBASIS ANDROID PUZZLE GAME DI SMK PENERBANGAN AAG ADISUTJIPTO

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk : (1) mengetahui rancang bangun media pembelajaran untuk kompetensi dasar gerbang logika dasar dan sekuensial pada mata pelajaran elektronika digital berbasis Android puzzle game, (2) mengetahui fungsionalitas media pembelajaran untuk kompetensi dasar gerbang logika dasar dan sekuensial pada mata pelajaran elektronika digital berbasis Android puzzle game, (3) mengetahui kelayakan media pembelajaran untuk kompetensi dasar gerbang logika dasar dan sekuensial pada mata pelajaran elektronika digital berbasis Android puzzle game oleh ahli materi, ahli media dan pengguna. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (research and development) dengan konsep ADDIE (Analysis, Design, Development and Implementation, Evaluation). Metode pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dan angket. Media pembelajaran ini dikembangkan menggunakan perangkat lunak Adobe Flash Professional CS6 AdobeAIR. Kelayakan media pembelajaran ini diuji oleh tiga ahli materi dan dua ahli media. Evaluasi media pembelajaran ini melibatkan 34 siswa kelas XI Avionic Electronic Instrument Maintenance and Repair (AEIMR) SMK Penerbangan AAG Adisutjipto. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) pengembangan media pembelajaran berbasis Android puzzle game dapat dikembangkan dengan perangkat lunak Adobe Flash Professional CS6 AdobeAIR dengan bantuan source terbaru yaitu AIR versi 23, (2) fungsionalitas dari semua fungsi meliputi uji perangkat keras dan perangkat lunak sudah berfungsi dengan baik, (3) hasil penilaian oleh ahli materi diperoleh rerata skor 65,33 dengan kategori “LAYAK” digunakan, hasil penilaian dari ahli media diperoleh rerata skor 75,55 dengan kategori “SANGAT LAYAK” digunakan, dan hasil penilaian dari pengguna diperoleh rerata skor 69,75 dengan kategori “LAYAK” digunakan .
Kata kunci:  Media Pembelajaran, Research and Development, ADDIE, Android, Puzzle Game
Penulis: Khalifaturislami
Kode Jurnal: jptlisetrodd170329

Artikel Terkait :