PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRAINER AUDIO EQUALIZER PADA STANDAR KOMPETENSI PEREKAYASAAN SISTEM AUDIO DI SMK NEGERI 1 BEJI - PASURUAN

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa trainer dan jobsheet audio equalizer pada standar kompetensi perekayasaan sistem audio di SMK Negeri 1 Beji - Pasuruan. Selain itu penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kelayakan, kemampuan siswa dalam menggunakan media pembelajaran tersebut dan respon siswa.
Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang telah dibatasi menjadi 7 tahap saja yakni (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi design, (6) uji coba produk, dan (7) analisa dan pelaporan. Pengumpulan data pada penelitian ini diperoleh dari hasil validasi untuk mengetahui kelayakan media yang dihasilkan, hasil penilaian kinerja praktikum siswa untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menggunakan media trainer dan jobsheet, serta hasil respon siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap media trainer dan jobsheet yang dihasilkan.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa, hasil validasi pada keseluruhan aspek yang terdapat di dalam media trainer dinyatakan baik dengan rata-rata hasil rating sebesar 79,16% dan rata-rata hasil rating validasi terhadap jobsheet sebesar 81,56% dinyatakan baik. Kemampuan siswa dalam menggunakan trainer dan jobsheet dikategorikan baik dengan hasil penilaian kinerja praktikum dari rangkaian penguat depan sebesar 80%, rangkaian equalizer sebesar 82,5%, rangkaian penguat daya sebesar 77,5% dan gelombang suara dalam satuan decibel sebesar 85%. Respon siswa pada keseluruhan aspek yang terdapat dalam media trainer dan jobsheet mendapat respon positif dengan rata-rata hasil respon siswa sebesar 91.4% yang dikategorikan sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa trainer dan jobsheet audio equalizer yang dihasilkan layak digunakan sebagai media pembelajaran.
Kata Kunci: Trainer dan jobsheet audio equalizer, Media pembelajaran, Respon siswa
Penulis: YANUAR RICHO HARDIANTO, Edy Sulistiyo
Kode Jurnal: jptlisetrodd170087

Artikel Terkait :