PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS WEBSITE PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN KONSEP DASAR-DASAR TEKNIK DIGITAL DI SMK NEGERI 2 LAMONGAN

Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untukmenghasilkan media pembelajaran E-Learning berbasis Website yang akan diaplikasikan untuk siswa kelas XI TEI di SMK Negeri 2 Kota Lamongan. Materi yang disajikan adalah materi mengenai menerapkan dasar-dasar teknik digital.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada metode model Research and Development (R&D). Dalam penelitian ini terdapat 7 (tujuh) tahapan yaitu tahap potensi masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi produk, tahap uji coba produk, tahap analisa dan pelaporan.
Hasil penilaian validator menunjukkan bahwa media pembelajaran ini dinyatakan sangat layak digunakan, dengan nilai yang diberikan pada tiap-tiap pernyataan adalah sebagai berikut: dari aspek format media pembelajaran ini dinyatakan layak dengan rating 80,83%, aspek ilustrasi media dinyatakan sangat layak dengan rating 81,88%, aspek isi materi dinyatakan sangat layak dengan hasil rating 81.43%, aspek bahasa dinyatakan sangat layak dengan hasil rating 81,67%. Hal ini berarti media ini sangat layak digunakan untuk proses pembelajaran. Dan untuk respon siswa terhadap media pembelajaran ini dari aspek tampilan media pembelajaran mendapatkan 78,05% berarti baik, aspek kemudahan dan pemahaman mendapatkan 78.11% berarti baik, dan aspek isi materi 76,00% berarti baik, Oleh karena hasil respon menunjukkan bahwa keseluruhan aspek media dalam kategori baik, maka media ini layak digunakan pada proses pembelajaran.
Simpulan penelitian ini adalah media pembelajaran E-Learning berbasis Website pada kompetensi dasar menerapkan dasar-dasar teknik digital yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan sebagai media dalam pembelajaran di SMKN 2 Lamongan.
Kata kunci: E-Learning, R&D, Menerapkan Dasar-dasar Teknik Digital
Penulis: BENY SAPUTRA, I Gusti Putu Asto Buditjahjanto
Kode Jurnal: jptlisetrodd170082

Artikel Terkait :