PENGEMBANGAN MEDIA MOBILE LEARNING DENGAN BERBANTUAN ANDROID SMARTPHONE PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK DI SMK NEGERI 1 MADIUN

Abstrak: Penelitian ini bertujuan menghasilkan media mobile-learning pada materi menerapkan rangkaian induktor pada rangkaian listrik yang layak digunakan di SMKN 1 Madiun pada mata pelajaran teknik listrik. Media ini ditinjau dari validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan 7 langkah, yaitu (1) Potensi dan Masalah, (2) Pengumpulan Data, (3) Desain Media, (4) Validasi Media, (5) Revisi Media, (6) Uji Coba Media, dan (7) Analisis dan Pelaporan. Pada langkah uji coba media digunakan metode penelitian pre-experiment design tipe One-Shot Case Study.
Setelah melalui proses validasi, media pembelajaran dikategorikan baik dengan persentase validitas sebesar 81,17%. Berdasarkan hasil dari angket respon siswa, media pembelajaran dikategorikan baik dengan persentase kepraktisan sebesar 78,85%. Berdasarkan ketuntasan hasil belajar kelas X TAV 2 SMKN 1 Madiun, media pembelajaran dinyatakan efektif dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 25 siswa dan 6 siswa tidak tuntas. Siswa kelas X TAV 2 SMKN 1 Madiun dinyatakan tuntas secara klasikal dengan persentase sebesar 80,64%. Dengan demikian, media m-learning materi menerapkan rangkaian induktor pada rangkaian listrik yang dikembangkan menggunakan Microsoft Power Point dan Ispring Suite dinyatakan layak digunakan di SMKN 1 Madiun pada mata pelajaran teknik listrik.
Kata Kunci: media pembelajaran, m-learning, induktor, teknik listrik
Penulis: JANUAR GUSTAF LENGGIS
Kode Jurnal: jptlisetrodd160465

Artikel Terkait :