PENGEMBANGAN BUKU AJAR SISWA PROGRAMMABLE LOGIC CONTROLLER BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING DI SMK KAL-1 SURABAYA

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk membuat buku ajar siswa Programmable Logic Controller  berbasis model Problem Based Learning yang layak meliputi validitas, kepraktisan, dan keefektifan pada mata pelajaran Pengembangan Produk Kreatif di SMK KAL-1 Surabaya. Kepraktisan buku ajar siswa ditinjau dari respon siswa dan keterlaksanaan pembelajaran.
Pengembangan buku ajar siswa ini menggunakan model pengembangan 4D yang terdiri dari 4 (empat) tahap, yaitu define, design, develop, dan disseminate. Uji coba buku ajar siswa dilakukan pada siswa Kelas XI TAV SMK KAL-1 Surabaya sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu lembar validasi buku ajar siswa, angket respon siswa, instrumen keterlaksanaan pembelajaran, dan tes hasil belajar siswa.
Hasil dari penelitian menunjukkan kevalidan buku ajar siswa dinyatakan sangat valid/sangat layak untuk digunakan dengan persentase hasil rating sebesar 87%. Untuk kepraktisan buku ajar siswa ditinjau dari respon siswa dinyatakan sangat praktis dengan persentase hasil rating sebesar 90%. Sedangkan kepraktisan buku ajar siswa ditinjau dari keterlaksanaan pembelajaran dinyatakan sangat praktis dengan persentase hasil rating sebesar 97.5%. Untuk keefektifan buku ajar siswa, rata-rata hasil belajar siswa sebesar 87 dan dinyatakan sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut, maka penelitian ini menghasilkan buku ajar siswa yang sangat layak meliputi validitas, kepraktisan, dan keefektifan.
Kata Kunci: Pembelajaran Berdasarkan Masalah, kepraktisan, keefektifan, PLC
Penulis: KHUSNUL KHOTIMAH, Bambang Suprianto
Kode Jurnal: jptlisetrodd170057

Artikel Terkait :