PENGARUH PENGGUNAAN SOFTWARE MULTISIM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA STANDART KOMPETENSI TEKNIK ELEKTRONIKA DI SMKN 1 GRATI-PASURUAN

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Software Multisim sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa pada standart kopetensi teknik elektronika.
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui akibat dari suatu perlakuan dalam proses pembelajaran. Subyek penelitian dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 29 siswa kelas X Jurusan Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Grati-Pasuruan. Tahapanan yang dilakukan sebelum pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Selanjutnya dilakukan penyusunan instrumen penelitian serta validasi instrumen penelitian, validasi instrumen penelitian ini adalah melalui pendapat para ahli (expert judgment) kemudian di uji coba melalui pre-test dan post-test pada siswa SMKN 1 Grati-Pasuruan. serta teknik analis data yang digunakan untuk menganalisis data hasil belajar adalah uji t melalui program SPSS 17.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: bahwa terdapat pengaruh penggunaan software multisim sebagai media pembelajaran terhadap hasil belajar siswa dengan pembuktian hasil analisis menggunakan SPSS 17 diketahui hasil uji Koefisien Regresi (uji t) menunjukkan t-hitung sebesar 6.968 dimana nilai tersebut lebih kecil daripada t-tabel 1.706.
Kata Kunci: media pembelajaran, multisim, hasil belajar siswa
Penulis: NUGROHO YUDOKAMISWORO BUDIONO, Lusia Rakhmawati
Kode Jurnal: jptlisetrodd170143

Artikel Terkait :