PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN GAMBAR TEKNIK LISTRIK DI SMK AL-AZHAR MENGANTI GRESIK

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui hasil belajar peserta didik ranah kognitif yang menggunakan model Project Based Learning dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung; (2) Mengetahui respon peserta didik terhadap penerapan model pembelajaran Project Based Learning.
Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design (eksperimen semu) dengan rancangan penelitian menggunakan jenis “Nonequivalent Control Group Design”. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X TITL SMK Al-Azhar Menganti. Di ambil sampel sebanyak 2 kelas dengan peserta didik kelas X TITL 2 sebagai kelas kontrol dan X TITL 1 sebagai kelas eksperimen. Untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan hasil belajar digunakan teknik analisis uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang menggunakan model Project based learning mempunyai nilai hasil belajar yang lebih tinggi dengan rata-rata 84,69 dari pada kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung dengan rata-rata 76,36. Berdasarkan perhitungan uji t mendapat nilai thitung 5,692 sedangkan  ttabel 1,82 . Dengan demikian thitung > ttabel sehingga H0 yang menyatakan bahwa tidak terdapat perbedan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen yang menggunakan model project based lerning dengan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran langsung ditolak dan H1 yang menyatakan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang signifikan antara kelas eksperimen dengan menggunakan model project based learning dengan kelas kontrol yang menggunanakan model pembelajaran langsung diterima. (2) respon peserta didik terhadap penerapan model Project based learning secara keseluruhan adalah positif dengan rata-rata 82,22% dan termasuk kriteria respon sangat baik.
Kata Kunci: Model Project Based Learning, hasil belajar siswa dan respon siswa
Penulis: ERVAN DWI RIZKYANTO
Kode Jurnal: jptlisetrodd160469

Artikel Terkait :