PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TSTS (TWO STAY TWO STRAY) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI DASAR MENERAPKAN MACAM-MACAM GERBANG DASAR RANGKAIAN LOGIKA DI SMKN 2 SURABAYA

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) memberikan hasil lebih baik dibandingkan dengan model pembelajaran langsung pada kompetensi dasar gerbang logika di SMK Negeri 2 Surabaya, (2) mengetahui bagaimana keterlaksanaan  pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TSTS (Two Stay Two Stray) pada kompetensi dasar gerbang logika di SMKN 2 Surabaya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian eksperimen.Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperiment Design (nonequivalent control group design). Analisis data menggunakan uji-t untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran TSTS terhadap hasil belajar siswa. 
Berdasarkan hasil perhitungan uji-t pre-test menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 0.590 < ttabel sebesar 1.99 Dari hasil tersebut didapat bahwa nilai thitung < ttabel, sehingga dapat diartikan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan sebelum diterapkan pembelajaran dengan model pembelajaran  yang berbeda. Dari hasil perhitungan uji-t post-test menunjukkan bahwa thitung sebesar 2.75 > ttabel sebesar 1.99. Sehingga hipotesis Ho ditolak dan H1 diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran TSTS lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran langsung. Dari hasil perhitungan keterlaksanaan diperoleh hasil perhitungan observasi pertemuan pertama adalah 76,8% termasuk dalam kriteria baik, observasi pertemuan ke 2 adalah 80,6% dalam kriteria baik. Jadi hasil observasi penelitian mendapat nilai rata-rata sebesar 78,7% dan dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil keterlaksanaan penelitian tersebut baik dan dapat terlaksana.
Kata Kunci: TSTS, Model Pembelajaran Langsung, Hasil Belajar
Penulis: ESRA WAHYU PRIHANTOYO, Agus Budi Santosa
Kode Jurnal: jptlisetrodd170069

Artikel Terkait :