PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TALKING STICK PADA MATA PELAJARAN TEKNIK LISTRIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X TAV DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif talking stick terhadap hasil belajar pada mata pelajaran teknik listrik di SMK Negeri 2 Surabaya, (2) mengetahui hasil belajar mata pelajaran teknik listrik dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick di SMKN 2 Surabaya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah metode Quasi Eksperiment Desain (nonequivalent control group design). Analisis data menggunakan uji t untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar pada siswa.
Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Berdasarkan hasil uji t Independent Sample T-Test diketahui nilai thitung yang dihitung dengan menggunakan bantuan software SPSS 17.0 mendapat nilai sebesar 3,495. Tabel distribusi t ditentukan pada α=0,05% dengan derajat kebebasan (dk) = n1+n2-2 = 41+41-2= 80. Maka nilai ttabel adalah 2,00. Maka nilai thitung > ttabel yaitu 3,495 > 2,00 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe talking stick terhadap hasil belajar siswa kelas X TAV pada mata pelajaran teknik listrik di SMK Negeri 2 Surabaya, (2) setelah semua nilai siswa dikalkulasi, maka didapatkan nilai belajar siswa dengan rata-rata 77,15 yang artinya rata-rata nilai siswa lebih besar dari KKM dan rata-rata siswa dinyatakan lulus dengan nilai 77,15 > 75.
Kata kunci: model pembelajan kooperatif, talking stick, dan hasil belajar
Penulis: SYARIF HISYAM ADDAILAMI, Agus Budi Santosa
Kode Jurnal: jptlisetrodd170079

Artikel Terkait :