PENERAPAN MEDIA EDUGAME DENGAN METODE TGT (TEAMS-GAMES-TOURNAMENTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLAT PEREKAYASAAN SISTEM AUDIO DI SMK NEGERI 2 SURABAYA

Abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media edugame dengan metode teams-games-tournaments dan yang menggunakan media powerpoint dengan metode direct instruction pada mata diklat perekayasaan sistem audio.
Metode yang digunakan adalah pre experimental design dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu “Static Group Comparison”. Populasi dalam penelitian ini adalah SMK Negeri 2 Surabaya. Diambil sampel siswa kelas XI AV sebanyak 2 kelas, kelas XI AV 3 sebagai kelas eksperimen dan XI AV 1 sebagai kelas kontrol. Sedangkan untuk mengetahui perbedaan hasil belajarnya digunakan teknik analisis data uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Berdasarkan dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen 85,8 dan kelas kontrol 78,0. Ini menunjukkan bahwa penerapan media edugame dengan metode teams-games-tournaments memiliki nilai lebih tinggi dibandingkan dengan yang menggunakan media powerpoint dengan metode direct instruction. (2) Berdasarkan analisa nilai uji-t dua pihak diperoleh thitung sebesar 5,828 > ttabel = 2,00 (α=0,05). Ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa yang menggunakan media edugame dengan metode teams-games-tournaments berbeda signifikan dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan media powerpoint dengan metode direct instruction.
Kata Kunci: media edugame, metode teams-games-tournaments, hasil belajar siswa
Penulis: ADING Rian RIAN SAPUTRA, I Gusti Putu Asto Buditjahjanto
Kode Jurnal: jptlisetrodd160491

Artikel Terkait :