PENERAPAN LEGO MINDSTROMS NXT FORKLIFT DAN CONVEYOR ROBOT UNTUK MENSORTIR BARANG MENGGUNAKAN SENSOR WARNA

Abstract: Robot Lego Mindstorms NXT adalah perangkat robot edukasional yang dirilis oleh Lego dimana dilengkapi NXT-G pemograman perangkat lunak atau opsional lab VIEW untuk LEGO MINDSTORMS. Penggunaan Mindstorms NXT membantu mempermudah pembuatan robot. Hal ini dikarenakan Mindstorms NXT menghilangkan kebutuhan untuk menyolder sirkuit dan menghilangkan kesulitan saat pemasangan motor.
Dari latar belakang tersebut muncul pemikiran untuk membuat implementasi Lego Mindstroms NXT forklift dan conveyor robot untuk mensortir barang menggunakan sensor warna. Permasalahan akan dibatasi yaitu pembuatan prinsip kerja robot yaitu forklift berfungsi membawa bola ke conveyor robot kemudian disortir dengan sensor warna.
Dari pembahasan tersebut dapat dibuat kesimpulan bahwa pengujian sensor yang digunakan, bekerja dengan baik, seperti sensor warna yang dapat mendeteksi warna-warna dan mensortirnya. Dan robot forklift juga dapat mengikuti garis serta membawa bola, selain itu conveyor robot juga mampu memberikan jalan pada bola serata membaca warna lalu mensortir bola-bola tersebut.
Kata kunci: Lego Mindstorms NXT, Forklift, Conveyor
Penulis: Yudhi Gunardi, Eko Saputro
Kode Jurnal: jptlisetrodd140896

Artikel Terkait :