PEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SMK PADA MATA PELAJARAN DASAR DAN PENGUKURAN LISTRIK BERDASARKAN KURIKULUM 2013

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik SMK pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik berdasarkan Kurikulum 2013 (2) mendeskripsikan validitas, reliabilitas, praktikabilitas, efektivitas, dan objektivitas instrumen penilaian hasil belajar peserta didik SMK pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik berdasarkan Kurikulum 2013.
Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, dengan langkah-langkah penelitian yang dikembangkan oleh Naga (1992). Dalam penelitian ini terdapat enam tahapan yaitu: (1) tahap sasaran ukur atribut, (2) tahap konstruksi alat ukur, (3) tahap alat ukur hasil konstruksi, (4) tahap validasi ahli, (5) tahap sasaran ukur responden uji coba, dan (6) tahap alat ukur (untuk dipakai).
Hasil penelitian ini berupa instrumen penilaian hasil belajar peserta didik SMK pada mata pelajaran dasar dan pengukuran listrik berdasarkan kurikulum 2013 yang diperoleh melalui proses pengembangan. Validitas instrumen penilaian yang dikembangkan berdasarkan penilaian validator adalah Valid (V) dengan rerata nilai 3,10. Validitas empiris instrumen penilaian yang dikembangkan adalah Valid (V) dengan jumlah butir soal yang diterima adalah 35 butir dan jumlah butir soal yang ditolak adalah 10 butir ditinjau dari taraf kesukaran butir (P), indeks daya beda (D), dan keberfungsian pengecoh (distractor). Reliabilitas instrumen penilaian yang dikembangkan adalah reliabel dengan koefisien reliabilitas 0,782 (≥ 0,70) untuk butir soal pilihan ganda dan 0,85 (≥ 0,70) untuk butir soal esai. Praktikabilitas instrumen penilaian yang dikembangkan adalah Sangat Praktis dengan rerata nilai 3,53. Efektivitas instrumen penilaian yang dikembangkan adalah Sangat Efektif dengan rerata nilai 3,38. Objektivitas instrumen penilaian yang dikembangkan adalah Sangat Objektif dengan rerata nilai 3,58.  
Kata Kunci: Instrumen Penilaian, Hasil Belajar, Dasar dan Pengukuran Listrik
Penulis: HODRI
Kode Jurnal: jptlisetrodd160344

Artikel Terkait :