OTOMATISASI ALAT PENGECEK PWB DI PT. LG ELECTRONICS INDONESIA

Abstract: PT. LG Electronics Indonesia Tangerang yang merupakan perusahaan elektronik yang memproduksi refrigerator atau kulkas. Masalah yang terjadi adalah banyaknya temuan defect PWB (Pcb assembly,main) yang terjadi di line proses ataupun di customer . Pengecekan PWB yang sekarang ini dilakukan dengan menggunakan alat yang masih manual dan tidak bisa mendeteksi error yang terjadi sehingga memungkinkan terjadinya human error pada proses pengecekan. Pada alat manual saat ini hanya terdapat led indicator sehingga untuk memutuskan bagus tidaknya PWB yang di cek mengandalkan pengamatan dari operator.
Dalam penelitian ini akan dibuat suatu alat pengecek PWB yang mana alat ini akan bekerja secara otomatis dan bisa mendeteksi error yang terjadi selama proses pengecekan berlangsung. Di harapkan dengan adanya alat ini akan bisa menghilangkan terjadinya human error dalam pengecekan PWB dan meningkatkan efisiensi kerja bagi operator. Dalam pembuatan alat ini terdiri dari beberapa tahap diantaranya pembuatan hardware dan sofware. Pada alat ini akan dilengkapi LCD display sebagai penampil informasi dan mikrokontroler sebagai otak dari alat ini.
Mikrokontroler yang di gunakan yaitu AT89S51 sebanyak dua buah karena banyaknya port yang digunakan. Dan alat ini juga dilengkapi dengan adanya led indicator untuk mengetahui proses pengecekan yang terjadi. Dalam alat ini dapat langsung melakukan pengecekan PWB sebanyak 4 buah PWB. Sehingga mempercepat pengecekan. PWB ini mempunyai fungsi diantaranya untuk menghidupkan dan mematikan kompressor, defrost dan mengatur temperatur suhu kulkas. Pada proses pengaturan suhu terdapat tiga buah led yang mana akan berubah posisinya apabila tombol setting suhu di tekan. Pada alat ini akan mendeteksi berfungsi tidaknya fungsi dari PWB tersebut. Adapun fungsi yang akan dicek yaitu compressor, defrost dan LED control box. Dalam percobaan yang telah dilakukan alat ini mampu melakukan proses pengecekan PWB sekaligus bisa mendeteksi error yang terjadi dan menampilkannya ke LCD Display. Dan apabila terjadi error pada PWB alat ini juga akan membunyikan buzzer
Kata Kunci: refrigerator, defect PWB, kompressor, defrost, buzzer
Penulis: Andi Adriansyah
Kode Jurnal: jptlisetrodd120236

Artikel Terkait :