KENDALI JARAK JAUH UAV (UNMANNED AERIAL VEHICLE) TIPE QUADCOPTER MENGGUNAKAN TRANSCEIVER NRF24L01+ BESERTA JOB SHEET UJI COBA

Abstrak: Pesawat tanpa awak atau yang biasa dikenal dengan UAV (Unmanned Aerial Vehicle) beberapa tahun belakangan mulai banyak dilirik berbagai kalangan baik dari kalangan pehobi aeromodeling, jurnalistik, komersial bahkan dari kalangan militer, karena fungsinya yang dapat menggantikan peranan pilot manusia. Pesawat dengan sayap berputar atau helikopter  memiliki banyak sekali keunggulan dari pada pesawat dengan sayap tetap, mereka mampu lepas landas dan mendarat secara vertikal, sehingga memungkinkan untuk melayang-layang pada suatu titik. Dengan semakin berkembangnya pengaplikasiaan quadcopter  diberbagai bidang, diharapkan mahasiswa mampu mengembangkan lebih lanjut dengan kreatifitas yang mereka punya. Maka diperlukan trainer untuk melatih mereka memahami cara terbang quadcopter beserta hal-hal lain yang diperlukan. Dalam mengendalikan sebuah quadcopter diperlukan kendali jarak jauh berupa pemancar dan penerima RF. Sampai saat ini pemancar dan penerima RF yang ada dirasa cukup mahal untuk kalangan mahasiswa. Oleh karena itu diperlukan pengembangan radio kontrol yang murah tapi cukup layak digunakan untuk mengendalikan quadcopter.
Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui jarak maksimum kendali jarak jauh quadcopter menggunakan nRF24l01+ dan (2) untuk mengetahui respon validator terhadap jobsheet uji coba Quadcopter. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Research and Development (R&D) yang disederhanakan sehingga terdiri dari enam tahapan yaitu analisa masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk, uji coba produk dan  revisi produk.
Kata Kunci: kendali, quadcopter, job sheet, nrf24l01+
Penulis: YUSUF RAHMAT GEMILANG
Kode Jurnal: jptlisetrodd160466

Artikel Terkait :