EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN PROGRAM APLIKASI PSPICE UNTUK PENINGKATAN KOMPETENSI ANALISIS RANGKAIAN LISTRIK DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) gambaran hasil tes pembelajaran teams games tournament berbantuan program aplikasi PSpice, (2) perbedaan hasil kompetensi analisis rangkaian listrik antara pembelajaran teams games tournament berbantuan program aplikasi pspice dan pembelajaran ceramah, serta (3) efektivitas pembelajaran teams games tournament berbantuan program aplikasi pspice untuk meningkatkan kompetensi analisis rangkaian listrik. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian non-equivalent control group. Subyek penelitian adalah siswa kelas X Program Keahlian Teknik Audio Video di SMK N 2 Banyumas berjumlah 72 siswa. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) hasil belajar siswa ranah kognitif sebagian besar (83,3%) termasuk dalam kategori sangat tinggi, ranah afektif sebagian besar (61,1%) termasuk kategori sangat tinggi, dan ranah psikomotorik sebagian besar (61,1%) termasuk dalam kategori sangat tinggi, (2) kompetensi antara siswa yang menggunakan pembelajaran teams games tournament berbantuan program aplikasi pspice berbeda dengan siswa yang menggunakan pembelajaran ceramah dengan nilai Sig.hitung ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, masing-masing sebesar 0,006; 0,000 dan 0,000 yang memiliki nilai signifikan lebih kecil dari taraf signifikan sebesar 0,050, (3) pembelajaran teams games tournament berbantuan program aplikasi pspice lebih efektif untuk meningkatkan kompetensi analisis rangkaian listrik dengan rerata standart gain kelas eksperimen ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, masing-masing sebesar 0,66, sedang; 0,39, sedang; dan 0,39, sedang .
Kata kunci: kompetensi, hasil belajar, pembelajaran teams games tournament, analisis rangkaian listrik, program aplikasi pspice
Penulis: Julian Wibisono
Kode Jurnal: jptlisetrodd170304

Artikel Terkait :