Sistem Manajemen Keluhan Mitra Kerjasama Berbasis Framework Code Igniter dan SMS Gateway

Abstract: Pada Balai IPTEKnet Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) terdapat sebuah prosedur untuk memanajemen keluhan mitra kerjasama. Sistem ini bertujuan untuk memudahkan mitra kerjasama agar dapat menyampaikan keluhannya serta memudahkan staf Balai IPTEKnet dalam mengelola keluhan yang disampaikan oleh mitra kerjasama. Manajemen ini merupakan salah satu strategi CRM atau manajemen hubungan pelanggan yang ada di Balai IPTEKnet BPPT. Teknologi informasi memainkan peranan penting dan makin luas dalam bisnis. Mengingat berkembangnya dunia teknologi informasi dewasa ini, maka upaya yang akan dilakukan peneliti agar memudahkan pelanggan untuk berinteraksi dengan pegawai Balai IPTEKnet dalam menyampaikan keluhan dan mengefisienkan staf Balai IPTEKnet dalam memanajemen keluhan yaitu dengan membuat sebuah sistem manajemen keluhan mitra kerjasama berbasis web.
Perancangan sistem dilakukan setelah data diperoleh dan analisa terhadap data yang didapat telah dilakukan. Sistem yang akan dibuat dirancang berdasarkan metode unified process dan menggunakan diagram UML (Unified Modeling Language). Dilakukan pengujian dengan menggunakan metode black box.
Keywords: Customer Relationship Management (CRM);Unified Process;Unified Modeling Languange (UML);Framework Codeigniter;SMS gateway
Penulis: Dwiana Okviandini, Oky Dwi Nurhayati, Ike Pertiwi Windasari
Kode Jurnal: jptkomputerdd140351

Artikel Terkait :