Sistem Informasi Akademik Berbasis Mobile Web Menggunakan Pendekatan Metodologi RAD (Studi Kasus : Universitas Sam Ratulangi)

Abstract: Teknologi informasi telah menjadi sebuah kebutuhan bagi masyarakat saat ini. Smartphone merupakan teknologi yang saat ini banyak dipilih masyarakat karena keunggulannya dalam pengaksesan informasi secara mobile. Sistem Informasi Akademik merupakan sistem informasi yang menyediakan informasi yang berhubungan dengan kegiatan akademik yang ditempuh.
Sistem Informasi Akademik pada Universitas Sam Ratulangi merupakan sistem informasi berbasis web. Namun proses pengaksesan informasinya dinilai sedikit memakan waktu karena harus mengetikkan alamat website portal akademik pada browser serta user interfacenya yang kurang efektif untuk mobile access.
Sistem Informasi Akademik Berbasis Mobile Web merupakan sistem informasi yang dibangun dengan menerapkan konsep Hybrid App dan Webview karena kemudahannya dalam pengembangan multiplatform. Dalam tugas akhir ini penerapannya dibatasi untuk perangkat Android. Berdasarkan ruang lingkup penelitian, analisa perancangan sistem informasi akademik berbasis mobile web ini menggunakan metodologi Rapid Application Development (RAD).
Proses analisa dan perancangan sistem tersebut menghasilkan suatu Sistem Informasi Akademik Berbasis Mobile Web yang berjalan pada platform Android yang dapat menampilkan informasi akademik yang dibutuhkan mahasiswa antara lain seperti profil mahasiswa, informasi dan jadwal mata kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi serta informasi Kartu Hasil Studi dan Transkrip Nilai.
Kata Kunci: Android, Browser, Hybrid App, Mobile Device, Rapid Application Development, Sistem Informasi Akademik, Smartphone
Penulis: Edwina S. Pusparini, meicsy E.I. Najoan, Xaverius B.N. Najoan
Kode Jurnal: jptkomputerdd160178

Artikel Terkait :