Rancang Bangun Sistem Informasi Geografis Jalur Angkutan Dalam Kota Di Kota Manado Berbasis Web

ABSTRAK: Perkembangan teknologi informasi sangat cepat, hal itu seiring dengan kebutuhan informasi yang digunakan untuk menunjang dan menyelesaikan suatu permasalahan yang ada. Sistem Informasi Geografis (SIG) yaitu teknologi yang bisa membantu dan sangat esensial untuk menyimpan, memanipulasi, menganalisa, dan menampilkan kembali kondisi-kondisi alam dengan bantuan data atribut dan keruangan.
Di kota Tinutuan ini, berbagai macam alat transportasi dapat kita temui dengan mudah. Salah satunya sekaligus yang paling banyak diakses masyarakat yaitu angkutan kota, oleh karena itu semakin banyak pula variasi trayek mikrolet serta jalur yang dilalui oleh alat transportasi umum yang kebanyakan berbentuk mini bus ini.
Pembuatan Sistem Geografis bertujuan untuk memudahkan masyarakat di Kota Manado, khususnya dalam mengakses jalur angkutan kota di Kota Manado. Pembuatan Sistem Informasi Geografis ini dibuat dengan metodologi Waterfall yang terdiri dari : rekayasa sistem, analisis kebutuhan, perancangan, penulisan program dan pengujian. Perancangan peta yang ditampilkan dalam sistem ini menggunakan Google Maps API, perangkat lunak yang digunakan dalam membangun aplikasi ini adalah PHP (Pear Hypertext Prepocessor) sebagai bahasa pemograman, MySQL sebagai database server. Sistem informasi geografis jalur angkutan dalam kota di Kota manado  ini merupakan sistem yang memberikan informasi kepada masyarakat mengenai  jalur angkutan dalam kota di Kota Manado, berserta informasi daerah yang akan dilalui angkutan dalam kota tersebut.
Kata kunci: Jalur Angkutan Dalam Kota, Javascript, MySQL, PHP, Sistem Informasi Geografis, Web
Penulis: Monica Kumaat, Steven R. Sentinuwo, Agustinus Jacobus
Kode Jurnal: jptkomputerdd160181

Artikel Terkait :