Rancang Bangun Aplikasi Android AR Museum Bali : Gedung Karangasem dan Gedung Tabanan
Abstrak: Museum Bali merupakan
salah satu museum yang terletak di Kota Denpasar yang berdiri sejak tahun 1910.
Koleksi museum terdiri dari benda-benda seperti peralatan dan perlengkapan
hidup, kesenian, keagamaan, bahasa tulisan dan lain-lain yang mencerminkan
kehidupan dan perkembangan kebudayaan Bali. Augmented Reality adalah teknologi
yang menggabungkan benda maya dua dimensi atau tiga dimensi ke dalam sebuah
lingkungan nyata tiga dimensi lalu memproyeksikan objek-objek virtual tersebut
ke dalam waktu nyata. Museum Bali mengalami penurunan pengunjung beberapa tahun
terakhir dan memerlukan sebuah inovasi untukmempromosikan Museum Bali. Salah
satu inovasi yang diharapkan membantu mempromosikanMuseum Bali adalah dengan
membuat aplikasi Augmented Reality Museum Bali pada platform Android.
Memanfaatkan teknologi augmented reality yang bekerja dengan mendeteksi markerkemudian
memunculkan objek 3D dan informasi dari salah satu benda di Museum Bali. Metodemarkerless
digunakan dalam pendeteksian marker, membuat aplikasi Augmented Reality Museum
Bali lebih menarik dan diharapkan menjadi pengalaman baru bagi masyarakat yang ingin
lebih tahu tentang Museum Bali.
Penulis: I Gede Aditya
Nugrahaa
Kode Jurnal: jptkomputerdd160153