PERMASALAHAN, PENANGANAN MASALAH DAN PERAWATAN JARINGAN KOMPUTER CLIENT-SERVER PADA KEJURUAN OPERATOR KOMPUTER DI PPKD JAKARTA TIMUR

ABSTRAK: TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) berkembang sangat pesat, melebihi perkembangan teknologi yang lainnya. Sesuai perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi maka berkembang pula Teknologi Jaringan Komputer dan hal tersebut dimanfaatkan dalam menunjang kegiatan organisasi ataupun pekerjaan sehari-hari. Kejuruan Operator Komputer di Pusat Pelatihan Kerja Daerah Jakarta Timur adalah salah satu pihak yang memanfaatkan Teknologi Jaringan Komputer tersebut. Jaringan Komputer yang diimplementasikan di kejuruan ini adalah jaringan komputer type client-server. Pemilihan implementasi type jaringan komputer clientserver tersebut oleh kejuruan operator komputer bukan hanya karena type jaringan tersebut lebih aman tetapi juga sebagai cara untuk menggambarkan situasi kerja yang sesungguhnya kepada para peserta pelatihan di kejuruan operator komputer, dengan demikian mereka terbiasa mengoperasikan komputer yang terhubung dengan jaringan komputer type client-server.
Implementasi type jaringan komputer client-server tentu saja mempunyai resiko karena tingkat kesulitan dalam instalasi dan perawatannya pun lebih dari sekedar jaringan biasa seperti jaringan peer to peer. Untuk itu diperlukan SDM yang mampu dan mahir untuk melakukan instalasi dan perawatan jaringan komputer tersebut karena jika tidak ada SDM yang berkompeten untuk menangani segala resiko permasalahan jaringan computer yang akan timbul maka type jaringan komputer client-server justru hanya akan menambah permasalahan dan mengganggu kegiatan pelatihan pada kejuruan Operator Komputer di PPKD Jakarta Timur.
Kata kunci: TIK, Jaringan Komputer, Client-Server
Penulis: Henri Septanto
Kode Jurnal: jptkomputerdd140283

Artikel Terkait :