Perancangan Permainan “UangAndro” Sebagai Media Pembelajaran Pengenalan Mata Uang Rupiah Pada Anak Berbasis Android
Abstract: Untuk melatih dan
meningkatkan kemampuan siswa dalam berhitung perlu adanya metode dan media
pembelajaran yang baru. Dengan adanya metode dan pembelajaran baru diharapkan
agar siswa dapat meningkatkan semangat dan minat dalam berhitung. Media yang
digunakan untuk berhitung adalah mata uang rupiah. Melalui media mata uang
rupiah tersebut dibangun sebuah aplikasi permainan “UangAndro” berbasis Android
yang diharapkan siswa dapat lebih mudah untuk mengenal mata uang rupiah dan
dapat melatih kemampuan dalam berhitung menggunakan media mata uang rupiah.
Perancangan permainan “UangAndro” dibuat menggunakan Construct 2. Construct 2
adalah sebuah game engine dengan grafik 2 dimensi berbasis html 5. Permainan
ini dikembangkan dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang
bersumber dari Luther dan sudah dimodifikasi oleh Sutopo. Pengujian aplikasi
permainan yang telah dibuat menggunakan metode black-box, pengujian ini
dilakukan untuk memeriksa fungsi yang terdapat dalam aplikasi permainan.
Pengujian ke pengguna dengan memberikan tes pada siswa-siswi. Data yang
dihasilkan akan dianalisis menggunakan analisis regresi linier sederhana.
Aplikasi permainan “UangAndro” sebagai penegenalan mata uang rupiah yang dapat
melatih kemampuan siswa dalam berhitung menggunakan media mata uang rupiah
sudah berhasil dirancang dan dibangun menggunakan Construct 2. Berdasarkan
pengujian black- box, menunjukkan bahwa permainan sudah berjalan sesuai
spesifikasi kebutuhan yang menampilkan hasil uji pada tiap fungsi aplikasi dan
tombol. Pada uji hipotesis yaitu uji F dan uji t, dapat disimpulkan bahwa model
regresi yang dihasilkan cocok dan adanya pengaruh nyata (signifikan) variabel
lama belajar terhadap variabel hasil belajar.
Penulis: Siti Wulansari,
Kodrat Iman Satoto, Kurniawan Teguh Martono
Kode Jurnal: jptkomputerdd160212