PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF 3D TATA SURYA MENGGUNAKAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY UNTUK SISWA KELAS 6 SEKOLAH DASAR SANGIRA
ABSTRAK: Augmented Reality
merupakan teknologi visualisasi yang saat ini banyak dikembangkan dalam bidang
game, hiburan, maupun kedokteran. Dalam bidang pendidikan, teknologi augmented
reality masih belum terlalu banyak penggunanya. Saat ini masih banyak yang
menggunakan buku sebagai sarana penyampaian materi di bidang pendidikan
sehingga membuat siswa merasa bosan untuk belajar. Materi yang didapatkan hanya
berupa teks dan gambar 2D. Oleh karena itu, peneliti berinisiatif untuk
merancang sebuah aplikasi pembelajaran tata surya yang menampilkan objek tata
surya 3D sebagai sarana pembelajaran interkatif dan menarik pada siswa kelas 6
SDN Sangira yang dikemas dalam sebuah aplikasi berbasis android. Aplikasi ini
dibuat dengan menggunakan software Unity 3D. Tujuan dari penulisan ini adalah
merancang aplikasi pembelajaran tata surya 3D augmented reality berbasis
android. Dan hasil perancangan aplikasi ini diharapkan mampu memberikan kemudahan,
meningkatkan efektivitas dan efisiensi bagi pihak yang menggunakannya.
Penulis: Dedynggego, Mohammad,
Moh.Affan
Kode Jurnal: jptkomputerdd150387