Perancangan Aplikasi Cerita Rakyat Indonesia dengan Menggunakan Metode Rapid Application Development Berbasiskan Android

Abstrak: Teknologi perangkat mobile saat ini sangat berkembang pesat. Ponsel, smartphone, maupun tablet merupakan perangkat mobile yang memiliki peranan penting bagi kehidupan manusia di eramodern. Sebuah peluang yang dapat dimanfaatkan dan sangat tepat menjadi media untuk memperkenalkan keanekaragaman budaya bangsa sendiri kepada penduduk Indonesia khususnya untuk anak-anak Indonesia.
Aplikasi cerita rakyat tradisional Indonesia berbasis mobile pada sistem operasi Android adalah sebuah aplikasi yang dapat memberikan informasi dan nilai-nilai suatu budaya. Aplikasi ini dibuat sederhana namun menarik dan interaktif sehingga mudah untuk digunakan. Metode RapidApplication Development digunakan dalam pembangunan aplikasi ini karena merupakan salah satumetode pembangunan sistem yang ditujukan untuk menyediakan pengembangan yang jauh lebih cepat dan mendapatkan hasil dengan kualitas yang lebih baik dibandingkan dengan hasil yang dicapai melalui siklus tradisional.
Dalam pembuatan program menggunakan App Inventor yaitu sebuah perangkat lunak yang cocok digunakan untuk merancang dan membuat aplikasi yang dapat dijalankan pada sistem operasi Android. Program ini mudah digunakan karena dengan menggunakan program ini, seperti layaknya menyusun puzzle pada alur programnya. Tampilan desain yang dibuat, cukup dengan “click and drag”.
Kata Kunci: Aplikasi Komputer, Cerita Rakyat, Rapid Application Development
Penulis: Yudi Irawan Chandra
Kode Jurnal: jptkomputerdd150494

Artikel Terkait :