PENGUKURAN BEBAN KOMPUTASI ALGORITMA DIJKSTRA, A*, DAN FLOYD-WARSHALL PADA PERANGKAT ANDROID
Abstrak: Perkembangan
teknologi di bidang komunikasi menciptakan berbagai kemudahan bagi pengguna
untuk melakukan pertukaran informasi tanpa mengenal jarak secara geografis.
Pada jaringan komunikasi, pertukaran informasi memerlukan pengaturan rute
sehingga dicapai jalur terpendek untuk mengoptimalkan proses pengiriman data.
Penelitian untuk mencari algoritma jalur terpendek masih terus dilakukan.
Penelitian ini membandingkan algoritma Dijkstra, A*, dan Floyd-Warshall dari sisi
waktu, beban komputasi dan penggunaan memori. Topologi yang digunakan dalam
penelitian adalah topologi jaringan mesh karena dapat mewakili kondisi nyata.
Aplikasi berbasis Android dapat digunakan sebagai simulator untuk memetakan
vertice dan edge ke dalam kumpulan node dan channel yang saling berhubungan.
Kompleksitas komputasi dalam pencarian jalur terpendek menjadi hal yang penting
karena terdapat keterbatasan prosesor dan memori. Kompleksitas rute akan
sebanding dengan skala jaringan mesh. Dari simulasi diperoleh nilai beban
komputasi dan waktu simulasi yang sebanding dengan fungsi kuadrat jumlah simpul
untuk ketiga algoritma tersebut. Hasil pengujian menunjukkan algoritma A*
memiliki beban komputasi dan waktu simulasi yang paling kecil dibandingkan algoritma
Dijkstra dan Floyd-Warshall tanpa mempengaruhi hasil pencarian rute terpendek.
Hal ini disebabkan algoritma A* melakukan operasi pencarian dengan memanfaatkan
nilai heuristik terhadap simpul tujuan, sehingga tidak semua simpul dilakukan
pengecekan. Namun algoritma Dijkstra paling unggul dalam penggunaan memori.
Floyd-Warshall menghasilkan nilai kompleksitas yang buruk pada proses pancarian
jalur, semua data bobot kanal akan ditampung ke dalam matriks dua dimensi lalu
diproses menggunakan operasi perulangan yang bertingkat.
Penulis: Michael Alexander
Djojo, Karyono
Kode Jurnal: jptkomputerdd130271