Pengembangan Aplikasi Berbasis Web untuk Menampilkan Absensi dan Nilai Akhir Peserta Didik (Studi Kasus di SMP Negeri 32 Semarang)

Abstract: Aplikasi berbasis web telah banyak digunakan sebagai media penyampai informasi di sektor pendidikan. Namun, SMP Negeri 32 Semarang belum mulai memanfaatkan teknologi ini. Hal ini dipandang kurang efektif dan efisien, terutama oleh peserta didik. SMP Negeri 32Semarang kini membutuhkan aplikasi berbasis web yang mampu menampung informasi tentang sekolah sekaligus menampilkan data absensi dan nilai akhir peserta didik.
Agar dalam implementasi aplikasi tidak memakan biaya mahal, maka aplikasi dikembangkan dengan menggunakan perangkat lunak open source. Untuk bahasa pemograman menggunakan PHP sedangkan untuk basis data menggunakan MySQL, yang sudah terangkum dalam satu paket aplikasi XAMPP. Metode pengembangan aplikasi yang digunakan adala metode SDLC (Software Development Life Cycle) model Waterfall.
Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, diketahui bahwa hasil keluaran yang ditunjukkan selama proses pengujian sesuai dengan rancangan sistem. Maka dapat disimpulkan bahwa Aplikasi Berbasis Web untuk Menampilkan Absensi dan Nilai Akhir Peserta Didik ini telah berhasil dikembangkan dan dapat berfungsi dengan baik.
Keywords: Aplikasi Berbasis Web; Absensi dan Nilai Akhir; SMP Negeri 32 Semarang
Penulis: Patricia Evericho Mountaines, Kodrat Iman Satoto, Rinta Kridalukmana
Kode Jurnal: jptkomputerdd130299

Artikel Terkait :