PENERAPAN ALGORITMA MINIMAX PADA PERMAINAN CHECKERS
Abstract: Checkers merupakan
jenis permainan game board,yang mengandalkan strategi sebagai elemen utamanya.
Permainan ini dimainkan oleh dua orang pemain dengan tujuan menghabiskan
kepingan lawan. Permainan checkers yang dibuat dengan AI (Artificial
Intelligence) tertentu menerapkan algoritma Minimax. Penerapan algoritma
Minimax dalam checkers dibuat berdasarkan prosedur Minimax untuk mendapatkan
langkah terbaik dari posisi yang ada. Setiap posisi memiliki nilai yang dapat
dihasilkan dari langkah terbaik, dengan berasumsi bahwa AI akan selalu mencoba
memaksimalkan nilai, ketika lawan akan mencoba untuk meminimalkannya.
Perancangan permainan checkers ini di buat dengan menggunakan Microsoft Visual
Basic 6.0. Didalam menu permainan checkers terdapat beberapa menu. Dalam
permainan checkers terdapat dua buah bidak yang berlainan warna. Setiap pemain
memilih warna yang di inginkan. Setiap bidak dapat berubah menjadi raja setelah
melewati garis akhir lawan.
Penulis: Dahwila Syapnika,
Edward Robinson Siagian
Kode Jurnal: jptkomputerdd150443