Pembuatan Permainan Lompat Karung Berbasis iOS Menggunakan GameSalad
Abstract: Game edukasi
merupakan suatu bentuk permainan yang berperan dalam membantu mendidik anak.
Permainan dan bermain sangat identik dengan dunia anak- anak. Melalui
permainan, anak-anak dapat mempelajari/mengenal banyak hal. Perancangan game
edukasi ini bertujuan untuk membuat karakter yang mewakili dunia anak, membantu
anak dalam belajar, dan membuat proses belajar anak lebih menarik dan
menyenangkan. Oleh karena itu dikembangkanlah permainan Lompat Karung sebagai
media pembelajaran anak tersebut melalui permainan perangkat bergerak berbasis
iOS. Permainan Lompat Karung tersebut dibangun menggunakan GameSalad. Metode
pengembangan mutimedia yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle
(MDLC) yang terdiri dari enam tahap, yaitu: konsep,desain,pengumpulan materi,
pembuatan, pengujian, dan distribusi/evaluasi. Untuk metode pengujian aplikasi
menggunakan metode Black Box Test. Hasil dari penelitian ini berupa suatu
aplikasi permainan dengan nama Lompat Karung yang dapat berjalan dengan baik
pada perangkat bergerak berbasis iOS. Permainan tersebut dapat menjadi media
pembelajaran pada anak SD dalam melatih kemampuan berhitung dengan cara yang
menyenangkan.
Penulis: Laila Adhanisa, Rinta
Kridalukmana, Kurniawan Teguh Martono
Kode Jurnal: jptkomputerdd160200