Pembuatan Aplikasi Permainan “Jakarta Bersih” Berbasis Unity
Abstract: Kebersihan merupakan
salah satu syarat hidup sehat yang diimpikan oleh masyarakat luas. Namun pada
kenyataannya, tidak semua masyarakat memiliki sikap menjaga kebersihan dan
kesehatan lingkungan. Zaman sekarang, sudah ada smartphone atau bisa disebut
dengan telpon pintar yang sudah menjadi kebutuhan bagi sekian banyak orang di
dunia ini. Banyak aplikasi pada smartphone yang mampu menunjang produktivitas
masyarakat luas, bahkan sekalipun dengan permainan. Permainan merupakan sebuah
sistem dimana pemainnya terlibat dalam suatu konflik buatan, ditentukan oleh
aturan, yang menghasilkan keluaran atau hasil yang dapat diukur. Dengan adanya
permainan yang interaktif mampu membuat pengguna memahami isi konten yang ada
didalam permainan. Maka dari itu dibutuhkanlah aplikasi permainan pada smartphone
yang mampu mengenalkan tentang kebersihan di lingkungan sekitar. Aplikasi
permainan 'Jakarta Bersih' dibuat menggunakan perangkat lunak Unity versi 5.
Pengembangan multimedia yang digunakan adalah Multimedia Development Life Cycle
(MDLC) yang memiliki enam tahap, yaitu tahap konsep (Concept), tahap
perancangan (Design), tahap pengumpulan materi (Material Collecting), tahap
pembuatan (Assembly), tahap pengujian (testing), dan tahap distribusi
(Distribution). Pengujian black-box juga digunakan pada aplikasi ini.
Berdasarkan hasil pengujian menggunakan metode black-box, fungsi dan tampilan
aplikasi permainan Jakarta Bersih sudah berhasil dengan baik dan dapat
disebarkan ke masyarakat luas. Aplikasi ini bisa dijadikan cara alternatif
untuk dapat memperkenalkan dan mengingatkan akan kepentingan kebersihan dan
kesehatan lingkungan pada masyarakat luas.
Penulis: Adhiim Catur
Hanggoro, Rinta Kridalukmana, Kurniawan Teguh Martono
Kode Jurnal: jptkomputerdd150370