PEMANFAATAN MULTIMEDIA INTERAKTIF KONSEP USAHA DALAM PELAJARAN FISIKA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI
Abstrak: Penelitian ini
menjelaskan tentang pengolahan informasi ilmiah yang menarik dengan menggunakan
aplikasi SwishMax. Dikatakan menarik karena dalam media interaktif ini terdapat
fiturfitur navigasi, sehingga pengguna informasi dengan mudah mendapatkan
informasi yang dibutuhkannya. Metode penulisan yang digunakan adalah dengan
cara studi literatur. Beberapa literatur dianalisis untuk memberikan gambaran
tentang keuntungan pengolahan informasi dalam media interaktif. Diuraikan pula
pembuatan fitur-fitur navigasi yang diperlukan oleh pengguna informasi. Salah
satu platform yang dapat dimanfaatkan untuk membuat suatu media pembelajaran berbasis
multimedia interaktif adalah Swish-Max. Swish-Max merupakan gabungan konsep pembelajaran
dengan teknologi audiovisual yang mampu menghasilkan fitur-fitur baru yang
dapat dimanfaatkan dalam pembelajaran. Fitur-fitur yang ada dalam Swish-Max
mampu mendesain animasi-animasi yang lebih menarik, tidak monoton dan
memudahkanpenyampaian materi. Tujuanya adalah untuk membantu mempermudah guru
dan siswa dalam memberikan dan memahami materi usaha dalam pelajaran fisika.
Penulis: Deni Erlansyah
Kode Jurnal: jptkomputerdd150455