Pemanfaatan Augmented Reality untuk Pembelajaran Pengenalan Alat Musik Piano
Abstract: Dalam bidang musik
banyak cara yang dapat dijadikan jalan pembelajaran mengenai teori tentang
musik. Cara yang paling mudah yaitu dengan belajar sekaligus bermain alat musik
itu sendiri. Dalam hal ini terfokus pada teori musik keyboard atau piano.
Dengan cara tersebut dapat dipastikan ilmu akan mudah diserap. Yang menjadi
masalah disini yaitu bagaimana menjadikan metode pembelajaran itu menyenangkan
dan tidak membosankan atau membingungkan. Dengan menggunakan metode
pembelajaran berbasis augmented reality yang dibuat dengan menggunakan Unity
sebagai komponen yang utama dan dengan menggunakan 3DS Max sebagai software
untuk menghasilkan gambar yang menarik. Proses perancangan dan pembuatan metode
pembelajaran ini menggunakan prototyping. Dengan prototyping, desain menjadi
cepat dibuat dan dapat dicoba. Semakin cepat dibuat dan semakin banyak
percobaan yang dilakukan, dapat dengan cepat juga memperbaiki bug yang ada
sehingga menghasilkan hasil yang lebih baik. Hasil dari perancangan aplikasi
ini adalah terealisasinya suatu aplikasi metode pembelajaran teori pada piano
yang dapat mempermudah user belajar tentang chord piano. Dengan adanya aplikasi
diharapkan user dapat belajar dengan lebih menyenangkan dengan cara yang mudah
untuk mendapatkan ilmu tentang chord piano.
Penulis: Iwan Setya Nugraha,
Kodrat Iman Satoto, Kurniawan Teguh Martono
Kode Jurnal: jptkomputerdd140354